MACAM-MACAM PERSONIL KANTOR
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, personil dapat diartikan sebagai pegawai,
anak buah atau awak. Ada yang mengatakan personil kantor sebagai
karyawan, pegawai negeri, pegawai swasta, karyawan tetap, ataupun
karyawan honorer.
1. Pegawai Negeri, yaitu pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah dan digaji oleh pemerintah.
2. Pegawai
Swasta, yaitu pegawai yang bekerja pada perusahaan swasta/di luar
instansi pemerintah dan digaji oleh perusahaan swasta tersebut.
3. Pegawai
Tetap, yaitu pegawai yang telah diangkat secara resmi memiliki status
pegawai dengan gaji dan tunjangan tetap, baik bekerja di instansi
pemerintah maupun swasta.
4. Pegawai
Honorer, yaitu pegawai tidak tetap dan belum memiliki status, gaji dan
tunjangan tetap, baik bekerja di instansi pemerintah maupun swasta.
Dari
beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa personil kantor
adalah orang-orang atau karyawan/pegawai yang menjalankan atau melayani
pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi/kantor pemerintahan atau
swasta untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan mendapat imbalan
jasa berupa gaji dan tunjangan. Personil kantor merupakan aparat
organisasi dan alat atau sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi,
karena personil kantor mengelola informasi-informasi yang diperlukan
bagi berjalannya kegiatan organisasi.
1.1 .1 Macam-Macam Personil Kantor
1. Administrator
atau Petugas Pelaksana Administrasi adalah orang yang menentukan
garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan oleh kantor
sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
2. Manajer
adalah orang yang memimpin pelaksanaan kerja, menggerakkan orang
lain/para staf, mengelola dan mendayagunakan uang, peralatan, sarana dan
prasarana kantor untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Staf
adalah para tenaga ahli yang karena kecakapan dan kemampuan dalam
bidangnya, bertugas membantu administrator dan manajer dalam
melaksanakan pekerjaan kantor.
4. Worker atau pegawai adalah para karyawan yang langsung digerakkan oleh manajer dalam melaksanakan pekerjaan kantor sehari-hari.
1 1.2 Tugas dan Tanggung Jawab Personil Kantor
Besar
kecilnya tugas dan tanggung jawab personil kantor akan sangat
tergantung pada jenis dan besarnya suatu organisasi/kantor tersebut.
Jika kantornya kecil maka kegiatan administrasi dapat dilakukan oleh
seorang sekertaris. Jika kantornya besar maka kegiatan administrasinya
dibagi menjadi beberapa unit tersendiri yang masing-masing memiliki
tanggung jawab dan tugas yang berbeda.
Secara umum ada beberapa tugas dan tanggung jawab personil kantor, yaitu sebagai berikut:
1. Direktur,
bertugas memantau dan bertanggung jawab terhadap kelancaran aktivitas
kantor secara keseluruhan, mengatur pembagian tugas pekerjaan personil,
mengatur mekanisme kerja dan perlengkapan kerja kantor sesuai kebutuhan.
2. Administrator,
bertugas mengelola urusan rumah tangga kantor dan bertanggung jawab
mencatat dan menyimpan semua warkat atau surat keluar dan surat masuk
serta urusan kearsipan dan kepegawaian pada umumnya.
3. Bagian keuangan, bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan, mengatur arus kas keluar dan kas masuk.
4. Sekertaris,
bertanggung jawab membuat agenda dan jadwal kegiatan kerja pimpinan,
juga untuk karyawan di bagian lainnya, serta membuat surat keluar.
5. Penerima
Tamu, bertanggung jawab atas pelayanan terhadap tamu atau orang-orang
yang mempunyai kepentingan terhadap kantor, juga melayani telepon masuk
dan telepon keluar. Personil kantor yang terampil adalah personil yang
dapat bekerja sesuai dengan standart/ukuran-ukuran yang telah
ditentukan, artinya personil tersebut dapat bekerja sesuai dengan mutu,
jumlah dan waktu yang telah ditetapkan.
(Mulyani, Sri dkk. 2008: Hal 68)
1.1 .3 Tahapan-Tahapan Pengadaan Personil Kantor
1.1 .3.1 Analisis Jabatan
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, analisis adalah penyelidikan terhadap
suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Sedangkan
analisis jabatan merupakan suatu kegiatan untuk memberikan analisa atau
menganalisis pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus dilakukan,
bagaimana mengerjakannya dan mengapa harus dilaksanakan. Analisis
jabatan merupakan pedoman untuk penerimaan dan penetapan karyawan serta
pedoman kegiatan lainnya dalam mutasi, dan syarat lingkungan kerja.
Manfaat
analisis jabatan adalah untuk memberikan informasi mengenai hal-hal
yang berhubungan dengan uraian pekerjaan, spesifikasi pekerjaan dan
evaluasi pekerjaan. Selain itu, analisa jabatan juga berguna untuk:
a. Perekrutan dan seleksi karyawan
b. Kompensasi gaji karyawan
c. Evaluasi jabatan
d. Penilaian prestasi kerja karyawan
e. Pelatihan
f. Promosi dan pemindahan karyawan
g. Organisasi
h. Memperkaya pekerjaan
i. Menyederhanakan pekerjaan
j . Penempatan karyawan
Rekrutmen
Setelah
menetapkan karakter atau ciri-ciri personil yang akan dibutuhkan, maka
perusahaan akan berusaha untuk mendapat personil yang dibutuhkan sesuai
dengan kualitas dan kuantitas melalui proses rekrutmen.
Rekrutmen
adalah suatu proses usaha untuk mencari dan mempengaruhi tenaga kerja
agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan
atau instansi, baik swasta maupun pemerintah.
A. Penentuan Dasar Rekruitmen
Rekrutmen
harus berpedoman pada spesifikasi pekerjaan yang telah ditentukan untuk
mengisi jabatan tersebut. Spesifikasi harus diuraikan secara jelas dan
terperinci sehingga pelamar mengetahui spesifikasi apa saja yang
dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada tersebut. Misalnya,
tingkat pendidikan, batas usia, jenis kelamin, latar belakang
pendidikan, ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian
jika spesifikasi pekerjaan dijadikan dasar penentuan rekrutmen, maka
karyawan yang diterima akan sesuai dengan uraian pekerjaan dan
jabatannya.
B. Penentuan Sumber-Sumber Rekrutmen
Sumber perekrutan untuk calon tenaga kerja biasanya melalui sumber internal dan eksternal perusahaan.
1) Sumber
Internal, merupakan tenaga kerja atau karyawan yang akan mengisi suatu
lowongan kerja diambil dari dalam perusahaan tersebut, dengan cara
mutasi atau pemindahan karyawan yang memenuhi spesifikasi ke suatu
bagian tertentu yang kosong atau untuk mengisi tugas baru.
Keunggulan sumber internal
a) Meningkatkan kinerja dan kedisiplinan karyawan, karena terdapat peluang untuk promosi.
b) Loyalitas karyawan menjadi lebih besar terhadap perusahaan
c) Biaya rekrutmen dapat ditekan, karena tidak perlu biaya untuk iklan
d) Waktu perekrutan relatif singkat
Kelemahan sumber internal
a) Kurang membuka kesempatan untuk angkatan kerja baru yang berada di luar perusahaan
b) Kurang adanya wibawa bagi karyawan yang dimutasikan
2) Sumber
Eksternal, merupakan tenaga kerja yang akan mengisi suatu lowongan
kerja yang diambil dari luar perusahaan, antara lain melalui sebagai
berikut:
a. Pelamar datang sendiri
b. Kantor dinas tenaga kerja
c. Lembaga-lembaga pendidikan
d. Pemuatan iklan
e. Referensi seseorang
f . Mengambil dari persahaan lain
g. Nepotisme
Keunggulan sumber internal
a) Kewibawaan karyawan yang diterima relatif baik
b) Kemungkinan akan membawa sistem kerja baru
Kelemahan sumber internal
Kepada Yth,
BalasHapusPimpinan Perusahaan dan Relasi
Ditempat.
Up: Dept Import/Purchasing
Hal: Surat perkenalan Kerja sama Export - Import & Undername
Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari
PT. ANUGRAH LESTARINDO ASIA (ANUGRAH GROUP), merupakan sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK).Baik via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta Timur dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan,Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door,Undername Import-Expor,Domestics maupun Transportasi barang keseluruh wilayah Indonesia dan Internasional. Sewa bendera perusahaan,dan membantu jasa pengurusan perizinan untuk import barang dari luar negeri.
NOT: (JIKA ADA BARANG IMPORT YANG TERTAHAN DI BC,ATU DI SOEKARNO HATTA KITA BISA BANTU PROSES) PENGELUARANNYA.
BEA CUKAI: JALUR HIJAU
I. Jasa Customs Clearance
Adapun kegiatan/layanan utama kami saat ini adalah sebagai berikut :
- Undername Export & Import Udara
- Undername Export & Import Laut FCL/ LCL
- Customs Clearance kedua Laut dan kargo Udara( Ex-Lisensi)
- Transportasi Laut FCL/ LCL
- Transportasi Udara
- Angkutan Darat (Inland truk, Kereta Api)
- Cargo pengawasan
- Pergudangan dan penyimpanan
- Penyelesaian biaya/tagihan asuransi, biaya angkutan (Darat, Laut, Udara) dan lainnya yang berhubungan dengan Export & Import.
II. Jasa Undername
Jika Perusahaan Bapak/Ibu belum mempunyai IZIN IMPORT seperti (API,NIK atau izin lainnya) dapat menggunakan Undername Perusahaan kami sebagai Consignee.
Fasilitas Undername yang kami sedia:
1. Surat Registrasi Pabean ( NIK )
2. Angka Pengenal Importir ( API )
3. N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
4. SPI-IT Besi Baja. IT.(Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya)
5. NPWP,SIUP,TDP & Akte Notaris
6. Kadin & Others Sub Bidang
7. Pengurusan Izin SIUP JPT
8. Pengurusan Izin Sucofindo ( LS )
9. Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )
10.Pengurusan Izin BPOM
11.Pengurusan SNI
12.Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Operasionalnya
13.Pengurusan Surat Izin Lainnya.
III. Jasa Transportasi
PT. ANUGRAH LESTARINDO ASIA, melayani pengiriman / distribusi barang domestik diseluruh Nusantara. Baik Via Darat, Laut, maupun Udara.
Catatan:
* Untuk Pajak Import, D/O, Sewa gudang/Penumpukan, Pnbp, dan biaya yang lainnya Sesuai Kwitansi dari instansi terkait.
* Untuk Import Borongan (All-in) harga bisa bernegosiasi .
* Pembayaran dilakukan Cash on delivery (COD) setelah barang diterima ditempat customer.
Adapun daerah operasional Kami sebagai berikut:
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta
- Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta)
- Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)
- Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang)
- Pelabuhan Belawan (Medan)
- Pelabuhan Dwikora (Pontianak)
BAGIAN HS CODE:
BAG 1601 s/d 2403
BAG 2501 s/d 2716
BAG 2801 s/d 3826
BAG 3901 s/d 4017
Demikian penawaran ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
ILHAM MAULANA
PT. ANUGRAH LESTARINDO ASIA (ANUGRAH GROUP)
Head Office : Jl. Raya Panggung No. 56, Jatibening
Pondok Gede, Bekasi – Indonesia 17412
Telp : 021 - 849 85476, 849 88591
Fax : 021 - 849 88591
HP / WA : 0852 1991 5110
Email : pt.anugrahlestarindoasia@gmail.com
info.jasaimportilham10@yahoo.com
Website : www.anugrahlestarindoasia.com